Skin Care VS Make Up

Assalamualaikum viewers!
Posting-an ku kali ini bakalan ngebahas seputar skin care dan make up. namun sebelumnya, aku kasih peringatan ke kalian kalo udah jatuh cinta sama dunia make up belajarlah untuk lebih mencintai dunia skin care. kenapa? nanti aku bakalan jelasin di post ini juga. sebelum kita mendetail, kedua dunia tersebut termasuk dalam dunia kosmetik. kosmetik sebagai "produk yang dimaksudkan untuk digunakan pada tubuh manusia untuk membersihkan, mempercantik, mempromosikan daya tarik, atau mengubah penampilan tanpa mempengaruhi struktur atau fungsi tubuh". (sumber : wikipedia).
Kosmetik itu sendiri terbagi menjadi dua, Kosmetik Rias (Make Up) dan Kosmetik Perawatan (Skin Care).

Belajar dari pengalaman sehari-hari, aku salah satu manusia yang suka sekali membawa perlengkapan kosmetik dimanapun berada. Hampir 80% kosmetik yang aku bawa termasuk ke golongan skin care. Sebagian orang yang belum paham betul akan skin care pasti melihat kosmetik yang aku bawa merupakan golongan make up. Skin care itu lebih ke perawatan sesuai artinya, sehingga ketika kita rutin merawat kulit (terutama wajah) secara baik dan benar maka akan mendapatkan hasil kulit yang kita inginkan, dengan catatan harus sabar. Produk skin care itu sendiri meliputi cream (pagi&malam), Hand&Body lotion, lip balm, lip scrub, toner, milk cleanser, deodorant, body butter, serum, masker, dll. Sedangkan untuk make up lebih cenderung untuk menutupi kekurangan pada kulit (terutama wajah), dan sangat minim untuk memperbaiki kulit. Make up itu sendiri meliputin seperti foundation, pensil alis, perona pipi dan mata, lipstick (dan sejenisnya), bedak, dll.

Dari dua pengertian tersebut, akan sulit ditelaah oleh orang yang awam dengan informasi seperti itu. Buat kalian yang jatuh cinta terhadap make up, aku sarankan untuk juga mencintai bahkan lebih untuk skin care. kenapa? ketika kulit kalian sering menggunakan make up, maka akan besar kemungkinan terjadi penuaan dini / kalian bakalan sulit untuk menerima keadaan muka kalian tanpa make up. kebanyakan manusia ketika menggunakan make up, sangat malas untuk merawat kulitnya dengan produk skin care. Saya termasuk orang yang suka dengan make up, tetapi lebih mencintai produk skin care sehingga alhamdulillah hasil yang aku dapatkan yaitu minim terhadap gangguan / masalah pada kulit. Perbandingan 80% skin care dan 20% make up bisa membuat kulit kalian terjaga kesehatannya. Memang benar harga skin care cenderung lebih mahal dibandingkan make up, dan skin care yang paling baik adalah yang berbasis / berasal dari bahan alami, catatan lebih baik "No Paraben", itu penting buat kalian (Setelah mendapatkan informasi dari sahabat dan ahli dalam produk skin care). Paraben merupakan bahan pengawet dan banyak terdapat pada produk perawatan. Jenis paraben yang digunakan pada kosmetik itu sendiri adalah methylparaben, propil dan buthylparaben (Jadi, kalian harus memeriksa komposisi pada skin care maupun make up).

Pemicu apabila kita kurang selektif, kemungkinan akan terjadi kanker kulit. sama halnya kita menanam racun didalam tubuh (Re : merokok). Jadi buat kalian yang suka terhadap make up dan pelit terhadap skin care, mending membuat produk alami dirumah dengan menggunakan sayur dan buah yang ada. Skin care memang relatif lebih mahal dibanding make up, apalagi skin care yang berbasis "No Paraben" itu bisa mencapai ratusan bahkan jutaan. Tak hanya skin care yang mesti hati-hati, make up juga demikian. Penjualan produk make up yang menggunakan hewan harus dihindari, disini kalian harus lebih selektif terhadap komposisi yang ada. Terutama buat umat beragam islam, harus lebih selektif terhadap produk kosmetik dan pilihlah yang halal.

Pantas kan pria/ laki-laki/ cowok menggunakan skin care? SANGAT DISARANKAN!
jangan terlalu cuek terhadap kulit kalian ataupun merasa ketika menggunakan skin care lebih ke "Kemayu", NO! salah besar. Setelah kalian membaca paragraf diatas penjelasan skin care dan make up, kalian harus pandai merawat kulit dan jangan anggap semua produk kosmetik adalah make up. Akan lebih baik jika kaum adam pandai merawat kulit, mungkin perawatan pria tidak sebanyak wanita. namun kulit bersih dan sehat, siapa yang tak mengidamkannya? kan enak kalo dipandang.

Ada beberapa produk yang cenderung terhadap semi skin care - make up. salah satunya AA, BB, CC, DD, dan EE Cream. Apa perbedaan cream tersebut? Kegunaannya? Dari jenis cream tersebut, aku lebih memilih DD Cream, Kenapa? bakalan aku share di post selanjutnya.

Sekian untuk post singkat seputar Skin Care dan Make Up, jadi kalian harus lebih selektif untuk konsumsi terbaik pada kulit kalian. Apabila kalian belum membaca postingan, sebelumnya. silakan klik https://estdelion.blogspot.co.id/2017/08/yuk-kenali-kulitmu.html agar lebih tahu jenis kulit apa yang kalian punya. 

Ps : apabila ada yang ingin ditanyakan, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar ya ^^, kritik dan saran kalian juga sangat membantu dalam improv penulisanku

Komentar

Baca yang lain juga, Yuk!

[REVIEW] NEW 6 Shades! Pixy Lip Cream Nude Series

Swatches Lip Cream from Wardah, Team Bold or Team Nude?

[REVIEW] - Purbasari Hi-Matte Lip Cream