HIJUP Bloggers ngobrol sehat dan bebas worry bareng Softex Daun Sirih? Ah masa sih?


Assalamualaikum wr.wb Viewers!

Minggu lalu, (Senin, 8 Mei 2018) aku mendapatkan invitation dari Hijup untuk acara HIJUP Bloggers Meet Up via whatsapp dan email. Dari undangan tersebut sedikit menarik, karena untuk meet up kali ini bakalan membahas soal Softex Daun Sirih. Hmm... baru tahu nih kalo softex nowdays ada ekstrak gitu ya.. atau cuma aku yang di bumi ini tidak tahu soal itu..!! (lebay). Kenapa aku bilang menarik?
  • Seperti yang aku tulis sebelumnya, "ooh sekarang pembalut ada ekstrak tambahan biar nyaman dipakai gitu?". Memancing diriku untuk KEPO mengenai produk tersebut.
  • Kebetulan apesnya diriku yang lagi telat haid dan memasuki 40 hari terlambat. Pada umumnya, wanita jika masih berkisar jarak sesudah haid (bulan lalu) adalah 21 - 35 hari masih terbilang normal. Aku sudah melebihi batas maksimal tersebut. Meet up kali ini mengundang sang dokter yang ahli dalam bidang tersebut (apalagi daerah kewanitaan). Ini kesempatan emas bagiku untuk bisa bertanya dan menggali informasi lebih dalam (kapan lagi konsultasi gratis).

Kita yang tinggal di negara Indonesia beriklim tropis, yang kadang cuaca sedang hujan kemudian mendadak juga menjadi kemarau. Tidak jarang membuat kulit kita menjadi lembab maupun kering secara berganti-ganti. Objek menjadi sasaran pertumbuhan bakteri yang sangat cepat adalah area kulit pada bagian lipatan, terutama di area kewanitaan. Masih banyak wanita yang "tidak peduli" terhadap kebersihan maupun perawatan di bagian Miss V.  Entah saat haid maupun tidak, penjagaan tersebut masih minim. Beberapa waktu kebelakang, panty liner menjadi tranding lantaran sebagian besar mereka menganggap dengan menggunakan panty liner mencegah pertumbuhan bakteri dan membuat "celana dalam" terjaga kebersihannya. Padahal, penggunaan panty liner juga harus rajin-rajin mengganti di setiap waktu tertentu.

Viewers, pasti sebagian dari kalian masih ada yang malas kan untuk mengganti pembalut yang kalian gunakan. Terus, merasa risih tidak saat timbul lendir / yang dikenal dengan keputihan. Bau yang tak sedap dan keluhan lainnya. Apa lagi, kita sangat worry untuk kedepannya akan terjadi hal sesuatu yang tidak di inginkan. Kita menginginkan terhidar dari penyakit pada area miss v namun sejatinya di dalam diri masing-masing belum bisa menerapkan perawatan yang baik untuk area miss v kita.

Disini aku akan sharing informasi apa saja yang aku didapatkan dari acara Meet Up yang diselenggarakan tempo hari.

Ngobrol Sehat, Bebas Worry

12 Mei 2018, di Kuto Besak Theater Restaurant acara HIJUP Bloggers Meet Up X Softex Daun Sirih diadakan. Acara tersebut mengundang social media influencer kak Indah Nada Puspita dan dr. Abarham Martadiansyah, SpOG. Diawali sambutan oleh MC, Mba Yessi Ismiralda yang menyambut undangan dengan hangat dan gaya bicara yang kocak sehingga membuatku sering tertawa selama acara berlangsung dengan lawakan receh nya ala Wong Palembang Nian.

"Aku lebih suka pakai pembalut yang sepanjang-panjangnya. Kadang menggunakan yang ukuran normal (pendek) masih saja tembus, terus darah yang keluar juga sering banyak." Kata Kak Nada saat di tanya soal kriteria pembalut yang paling nyaman dipakai menurutnya. Sejujurnya, aku sependapat dengan kak Nada. Karena memang pernah kejadian saat masih kuliah, darah haid sampai tembus dan merambat ke baju hingga bagian pinggang. Parah banget ga sih?

Foto Mba Yessi (MC) dan Kak Nada saat sharing

Kak Nada adalah seorang traveler, dia adalah orang yang membawakan salah satu acara di televisi yaitu Halal Traveler. Kak Nada sudah merasakan tinggal sejenak di berbagai negara, dan yang paling dia khawatir kan adalah ketika dirinya sedang Haid. Awal haid memang sangat risih, takut darah yang keluar banyak, terus sakit maupun pegal di badan dan  sebagainya. Tips dari Kak Nada agar saat menjelang haid kita selalu terasa bersih dan fit sepanjang hari adalah :

  1. Olahraga yang teratur. Jika tidak suka melakukan olahraga sejenis lari, bisa dilakukan dengan olahraga renang. Hal ini dapat membantu otot dibawah area tubuh kita tidak kaku.
  2. Konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, setidaknya ada makanan kaya serat seperti sayur atau buah.
  3. Minum air putih yang cukup. Kita memang di wajibkan minum air putih 8 gelas perhari atau 1 liter, dan lebih baik jika lebih dari itu. Karena, sebagian besar tubuh manusia mengandung air. Ini dapat mengeluarkan racun saat kita mengeluarkan urin. Ginjal lebih sehat, darah terpompa bersih.
  4. Sering - sering ganti pembalut. Kebersihan area kewanitaan berperan penting untuk kedepannya.

Setelah sesi sharing pengalaman menggunakan pembalut bersama kak Nada, kemudian dilanjutkan penjelasan seputar kesehatan oleh dr. Abarham. Walaupun yang menjelaskan adalah pria, tidak ada kecanggungan saat penjelasan tersebut dan malah saat sesi ini semakin seru. Namanya juga ngobrol ya kan, jadi santai aja walaupun yang menjelaskan area kewanitaan dan perawatan yang baik adalah seorang pria. Disini, banyak sekali informasi yang baru aku ketahui. Dari 100% penjelasan yang disampaikan dr. Abarham perihal kesalahan fatal merawat area kewanitaan, sekitar 50% aku melakukan kecerobohan tersebut, so sad.

Foto para narasumber (dr. Abarham, kak nada, dan mba erika)

Area kewanitaan atau dikenal dengan Miss V memang di ciptakan "Lembab" dan "Asam". Asam ini lah yang membunuh virus dan bakteri yang berada di area kewanitaan. Namun, asam tidak dapat bekerja dengan optimal jika kita (wanita) tidak bisa menjaga dan merawat area kewanitaan. Pada kondisi lembab ini lah bakteri dapat tumbuh dengan cepat sehingga menimbulkan keputihan tidak normal, infeksi jamur bahkan penyakit yang sangat parah (Kanker Serviks). Hal yang paling sederhana untuk mencegah dari hal yang tidak di inginkan adalah sering - sering mengganti celana dalam dan pembalut. Masih banyak wanita, khususnya di Indonesia masih tidak peduli hal itu. 

Sangat penting bagi wanita untuk selalu menjaga dan berkonsultasi ke dokter. Kapan kita harus ke dokter?
  1. Perubahan warna - konsistensi dan jumlah dari keputihan
  2. Vagina merah dan iritasi
  3. Pendarahan antar siklus haid atau sesudah sehubungan atau pasca menopause
  4. Benjolan di vagina.

Trichomoniasis (Infeksi yang disebabkan seksual) Moniliasis (Jamur Candida)

dr. Abarham menjelaskan, ciri - ciri keputihan yang tidak normal sebagai berikut :
  • Bau tidak sedap
  • Gatal dan nyeri
  • Nyeri atau berdarah ketika bersenggama
Mengapa terjadi keterlambatan jadwal menstruasi? apa yang menyebabkan area kewanitaan menjadi tidak sehat? apa penyebab keputihan tidak normal? Kebiasaan tersebut terdapat pada kegiatan di kehidupan sehari - hari yang kita lakukan. Faktor resiko yang terjadi dan penyakit pendukung lainnya adalah :
  • Seks bebas
  • Penyakit tertentu seperti : HIV dan Diabetes Mellitus
  • Antibiotik yang tidak rasional (Kebanyakan wanita mendadak menjadi dokter karena malas untuk berkonsultasi, kemudian membeli antibiotik tanpa arahan maupun sesuai resep dokter)
  • Perubahan hormonal
  • Merokok
  • Minuman beralkohol
  • Stress
  • Obesitas

Lalu, bagaimana cara menjaga area kewanitaan untuk menghindarkan hal buruk terjadi? dr. Abarham memberikan tips tambahannya,
  1. Selalu mengeringkan miss v sehabis buang air kecil
  2. Menggunakan sabun atau pembersih khusus area kewanitaan yang alami. Jangan menggunakan sabun mandi biasa karena sabun tersebut memiliki pH basa. Sedangkan pH area kewanitaan adalah asam.
  3. Don't Douche
  4. Membasuh miss v sebelum dan sesudah bersenggama
  5. Jangan merokok
  6. Jangan minum beralkohol
Saat haid, kita di wajibkan mengganti pembalut setidaknya 3 jam sekali. Walapun pembalut tersebut tidak penuh oleh darah kotor yang keluar, namun kelembaban meninggkat drastis sehingga menjadi objek paling berbahaya untuk pertumbuhan bakteri. Penggunaan panty liner juga, harus lebih rajin untuk di ganti 2 - 3 jam sekali. Panty liner diciptakan untuk menampung keputihan. Apabila keputihan yang keluar lebih banyak maka disarankan setiap 1 jam atau saat panty liner sudah penuh maka segera diganti dengan yang baru. Jika kalian termasuk orang yang malas, disarankan jangan menggunakan panty liner karena justru lebih membahayakan. Intinya, jadilah wanita yang bersih ya bukan wanita yang "Jorok".

Pakaian yang kita gunakan juga berpengaruh bagi kesehatan khusus nya area kewanitaan. Maka, kita harus menghindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat, ganti baju yang berkeringat pasca olahraga dan tidur tanpa celana dalam agar membantu miss v untuk bernafas lega.

Softex dengan Ekstrak Daun Sirih

Google.co.id

Daun sirih itu memang sejak dari dahulu dikenal sebagai pembersih area kewanitaan paling ampuh dan mencegah dari pertubuhan bakteri. Kalau jaman dahulu untuk meramunya yaitu dengan merebus daun sirih kemudian diambil sari daun tersebut kemudian di basuhkan ke miss v. Baunya memang menyengat sekali sampai kepala pusing. Tapi sekarang, serba canggih dan modern. Pembersih khusus area kewanitaan rata-rata menggunakan daun khas yang berasal dari Indonesia ini. Namun, untuk pembalut apakah ada produk lain yang menggunakan ekstrak daun sirih selain Softex?

Hampers

Anatasia Erika selaku Brand Manager PT. Softex Indonesia menjelaskan produk dari softex daun sirih ini. Sebelumnya, mba Erika mengatakan bahwa sebelum dipublikasikan produk tersebut dilakukan survey terlebih dahulu ke beberapa wanita di Indonesia.


Wanita Indonesia rata - rata di area kewanitaan nya terasa lebih lembab yang salah satu faktor pengaruhnya adalah cuaca di iklim tropis ini. Setelah dilakukan penelitian, maka PT. Softex Indonesia mengeluarkan produk softex daun sirih sebagai pembalut yang memiliki proteksi alami untuk mencegah pertumbuhan bakteri. 

Untuk keunggulannya dari produk Softex Daun Sirih, yaitu :
  1. Breathable Layer, lapisan sirkulasi udara untuk cegah lembab
  2. Sirih Protection Technology, melindungi area kewanitaan secara alami dan higienis
  3. Absorb in 1 Second, Mampu menyerap dalam 1 detik
  4. Pillow-Feel Top Sheet, Permukaan senyaman bantal
Bahan pembuatannya tetap sama seperti bahan utama pada produk softex lainnya, yang membedakan adalah untuk produk ini ada tambahan ekstrak daun sirih yang memiliki segudang manfaatnya! wooh!
Dan yang pastinya, softex daun sirih mendapatkan sertifikasi HALAL. So, produk ini aman nyaman dan sehat banget.

INFO, biasanya panty liner ukurannya kecil tidak sampai 10 cm. Disini Softex mengeluarkan Panty Liners Softex Daun Sirih dengan ukuran 18 cm. Pas banget di gunakan saat hari terakhir haid. 

Sedikit cerita, setelah acara Hijup Bloggers Meet Up X Softex Daun Sirih. Dua hari setelah acara tersebut, aku mendadak haid. Apakah ini pertanda aku harus mencoba produk ini? wkwk
Jadi, di dalam hampers dan goodie bag tersebut aku mendapatkan varian produk Slim Extra Heavy Flow 36 cm, Slim Heavy Flow 29 cm, Slim Regular Flow 23 cm, Panty Liners 20 Pads dan Panty Long and Wider 18 cm.

[REVIEW]
Aku mulai haid  pada hari Senin, 14 Mei 2018 (2 Hari setelah acara yaitu 12 Mei 2018). Disini aku bekesempatan mereview apakah produk ini sesuai dengan keunggulan klaim yang di berikan. Jadi aku membandingkan 3 Produk sekaligus.. Merk C untuk pembalut, Merk L untuk panty liners, dan tentunya Softex Daun Sirih yang aku pilih untuk digunakan yaitu Slim Heavy Flow 29 cm, Slim Regular Flow 23 cm dan panty liners 20 pads.

  • Hari pertama sampai hari kedua (14 dan 15 Mei), dalam 2 hari tersebut aku menggunakan merk C dan menghabiskan sekitar 10 pembalut karena dalam 1 hari aku mengganti sebanyak 5 kali.
  • Hari ketiga sampai hari keempat (16 dan 17 Mei), aku menggunakan softex daun sirih yang 23 cm pada pagi - sore, di selingi dengan ukuran 29 cm di malam hari. Jumlah yang aku habiskan selama 2 hari yaitu 4 untuk ukuran 29 cm dan 6 untuk ukuran 23 cm.

Hasilnya, untuk bau pada tanggal 14 - 15 Mei lebih menyengat dibanding tanggal 16 - 17 Mei. Kemudian ketika menggunakan produk C memang selama ini aku sering merasa sedikit gatal dan tibul benjolan (tetapi kemudian hilang keesokan harinya apabila tidak di gunakan lagi) serta kelembaban yang tinggi sangat terasa dibanding softex daun  sirih. Saat menggunakan softex daun sirih, yang aku rasakan adalah tentunya nyaman digunakan dan benjolan ketika digunakan pun tidak ada. Setelah aku pahami, benjolan tersebut karena kurangnya sirkulasi udara yang masuk sehingga kurang bernafas dengan bebas.

Rate :
Untuk Merk C aku nilai 7/10. Memang selama ini aku menggunakan merk tersebut, karena terasa empuk dan ringan digunakan dan tidak terlalu risih.

Untuk Softex Daun Sirih aku nilai 8.5/10. Karena, apa yang mereka klaim benar adanya. Bau yang menyengat terasa berkurang, nyaman banget digunakan, serta yang aku suka tidak ada benjolan seperti alergi pada kulit sekitar area kewanitaan karena penggunaan pembalut tersebut.

Untuk panty liners merk L, menurutku fail banget. atau aku saja yang baru menggunakan panty liner? karena memang kurang dari 1 bulan aku baru mencoba panty liner. Kebetulan juga merk pertama kali aku coba adalah L. Namun setelah dibandingkan dengan panty liner softex daun sirih, memang lebih nyaman yang softex. Kenapa merk L seperti tidak bisa menampung dan ... yah kok ga ada fungsinya ya? Seperti halnya kita menggunakan tissue yang memiliki pori kecil serta tipisssssssss tipisss bangetttttttt jadi terasa kurang nyaman karena terasa tissue berlapiskan plastik. Mungkin viewers bisa mencoba sendiri dan membandingkan sendiri untuk panty liner.

Ok, sekian untuk penjelasan Softex Daun Sirih. Overall, tertarik untuk mencoba?

[Bonus] Teknik Foto Flatlay

Selain ngobrolin area kewanitaan, kita dipenghujung acara diajarin oleh Kang Ade Yolvi untuk teknik foto flatlay. Apa itu Flatlay? Flatlay adalah seni photography dengan membidik gambar dengan posisi 90 derajat.

Selama ini aku sering mencoba mengambil gambar khususnya untuk review produk dengan gaya foto flatlay tersebut. Kemudian yang menjadi kendala adalah ketika kita mengambil pada posisi 90 derajat, selalu saja ada pantulan cahaya dari produk ke kamera sehingga menjadi silau. Ternyata, untuk pengambilan foto posisi cahaya atau lampu penerangan jangan berada pada 1 lurusan terhadap kamera. Disarankan menggunakan 2 sorotan dari samping kiri dan kanan agar hasil nya bagus.

Beberapa tips singkat untuk teknik fotograpy flatlay :
  1. Jika produk yang difoto lebih banyak, maka gunakan properti/dekorasi yang lebih sedikit. Sebaliknya, produk yang di foto hanya 1 atau 2 items, maka boleh menggunakan properti yang lebih ramai agar hasilnya lebih menarik namun fokuskan ke produk.
  2. Tentukan tema yang dipilih sesuai dengan produk atau kriteria masing-masing.
  3. Jangan terbalik meletakan produk. Pastikan lebih tahu posisi depan dan belakang produk.
  4. Gunakan pencahayaan lebih pas, jangan gunakan penerangan yang posisinya 1 garis lurus bersama kamera karena dapat menimbulkan pantulan cahaya.
  5. Saat pengeditan, usahakan warna pada produk asli dan di foto sama.

Hasil foto flatlay

Yey! Aku terpilih untuk foto flatlay dan mendapatkan jaket wind breaker

Sepertinya, aku disuruh olahraga deh. Karena mendapatkan jaket wind breaker, apakah ini pertanda aku harus menekuni olahraga lari atau jogging?

Foto bersama Bloggers Palembang dan Kak Nada

Meet up yang sangat menyenangkan! ngobrol santai, sehat, positive vibes, segudang ilmu, dan banyak hal lainnya yang berkesan dalam satu hari pertemuan diacara kemarin! Ingat yang viewers, khususnya pembaca wanita di blog Estdelion agar selalu menjaga kebersihan di area kewanitaan ya.

"Ngobrol Sehat, Bebas Worry"
"Bersih Sehat, Bebas Worry"

Foto dari Panitia

Sebagai compliment readers , disini saya mau membagikan VOUCHER potongan belanja di HIJUP.com (Atau klik banner dibawah ini) dapatkan diskon Rp. 50.000,- dengan kode voucher HIJUPSFTXPLM minimum pembelanjaan Rp. 250.000,- yang berlaku sampai 22 Juli 2018. Satu akun hanya satu kali transaksi. Kapan lagi nih belanja pakaian lebaran di HIJUP.com


Terimaksih telah membaca post kali ini ^^, Marhaban Ya Ramadhan.. Maaf lahir dan Batin Viewers. See you so fast!

Komentar

  1. Weis Keren banget reviewnya sis.

    BalasHapus
  2. ini sih tulisannya paket lengkap. Keren ^_^

    BalasHapus
  3. Kereen iiih adek imut...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah yuk wkwk makasih yuk iis <3

      Hapus
  4. Wiiih keren menang foto flatlay :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba kemarin ikut mba ainun, dah lama tak jumpa

      Hapus
  5. Keren banget acaranya, sarat ilmu.. Terima kasih sudah berbagi!!!

    BalasHapus
  6. Aku pun pakai panty linernya. Nyaman ya :)

    BalasHapus
  7. Tulisannya lengkap, keren juga. Jd banyak pengetahuan baru ya dr acara ini

    BalasHapus

Posting Komentar

Baca yang lain juga, Yuk!

[REVIEW] NEW 6 Shades! Pixy Lip Cream Nude Series

Swatches Lip Cream from Wardah, Team Bold or Team Nude?

[REVIEW] - Purbasari Hi-Matte Lip Cream