[REVIEW] Eba X Exoticon : X2 Bio Glaze, Na & Nu? Hmm


Assalamualaikum Viewers!
Saya kembali setelah sekian lama menghilang >< kangen kah? hihi

Kali ini aku mau nge-review salah satu produk softlens yang terkenal banget dikalangan anak-anak yang hobi pakai softlens! yup! X2 by Exoticon. Bulan April lalu, mereka baru launching produk baru nya yaitu X2 Bio Glaze. Slogan hitz nya Goodbye Contact Lens Dryness, hmmm ok... slogan nya memberikan sinyal bahwa softlens ini mengklaim untuk meminimalkan kekeringan pada lensa kontak dan mata akan nyaman sepanjang hari. Apakah benar? Apakah sesuai dengan pernyataan nya? Masih pemula mau pilih softlens aman? dan pertanyaan lainnya yang masih takut pakai softlens karena takut mata merah dan sebagainya? Mari simak  my honest reviews 

Nama  : X2 Bio Glaze
Varian : Nu Quartzo dan Na Azul
Bahan : SDD Techology, Ocufilcon A, 45% Water
Masa Pemakaian : 6 Bulan
BC : 8,6
Diameter : 14,5
Harga : Rp. 110.000,- s.d Rp. 119.000
Distributor : PT. Katamata, Jakarta - Indonesia
Made in Korea









X2 Bio Glaze ini terdiri 4 varian dan 2 warna yaitu Azul dan Quartzo. Nu Azul & Na Azul yang menurutku cenderung lebih ke warna biru mudaaaaaaaa banget atau sedikit baby blue dan Nu Quartzo dan Na Quartzo yang lebih ke warna cappucino. Mungkin sebagian dari kalian masih banyak tidak tahu bahwa warna Azul dan Quartzo itu apa, jadi analisa ku mungkin bisa membuat kalian mendapatkan sedikit gambarannya. Dibawah ini, aku share contoh warna nya :

Apa itu Nu dan Na? Beda nya apa?
Nu itu berarti Nude dengan tidak memiliki lingkaran atau ring pada softlens nya. Sedangkan untuk Na yang berarti Natural dengan memiliki lingkaran atau ring pada softlens nya. Sehingga, softlens Na ini memberikan efek kepada mata yang terlihat sedikit membesar. Berbeda dengan Nu kalau dipakai sekilas orang-orang tidak menyadari atau lebih terlambat mengetahui kalau kita pakai softlens. Serius! aku selama masa uji coba menggunakan softlens, khususnya untuk Nu Quartzo. Rekan kerja atau teman kantor lebih "lambat" untuk sadar bahwa aku memakai softlens.



Di dalam box nya terdapat sepasang softlens (yaiyalah) dan tentunya wadah penyimpanan softlens itu sendiri. Kemudian, dibagian dalam box juga ada petunjuk penggunaan lensa kontaknya sehingga untuk para Newbie bisa membaca penggunaan lensa kontak yang baik dan benar, ya!


Sedikit cerita pertama kali aku pakai softlens itu waktu masih kuliah semester 2, bahan softlens pertama kali aku coba itu dari HEMA (karena aku beli harganya murah aja sih). Awalnya nyaman, tapi sebentar saja seperti 1 jam mata udah "nyerah". Ternyata, HEMA itu kurang bagus dan sangat tidak di sarankan untuk memilih softlens berbahan HEMA. Kemudian, aku searching bahan softlens terbaik dan nyaman digunakan berjenis bahan apa. Di dapatkan hasil bahwa rating tertinggi itu berbahan Silicon hydrogel karena mampu menyerap atau meningkatkan kadar oksigen 80% - 90% lebih tinggi dibanding bahan lainnya karena memiliki pori-pori pada lensa kontak lebih banyak. Sehingga mata bisa bernafas lega~

Dan kali ini, baru kali ini beneran terlepas dari softlens silicon hydrogel (terakhir aku pakai softlens dari Exoticon juga series X2 Sanso warna cappucino dan Black pada Januari - Februari lalu). Awalnya memang agak ragu, takut tidak nyaman saat dipakai seharian tanpa obat tetes mata khusus softlens. Karena, selama ini aku lebih percaya terhadap si SH. Setelah mencoba produk terbaru dari Exoticon X2 Bio Glaze dengan bahan Ocufilcon A, ternyata sama nyaman nya dengan hydro silicon bahkan saat pertama kali aku coba seperti tidak menggunakan softlens!

Ocufilcon A ini ternyata mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga mata akan terjaga kelembaban nya. Namun, kurang tambahan informasi juga apakah si Ocufilcon ini juga mampu meningkatkan kadar oksigen ya? karena, mata kita selain harus lembab juga butuh oksigen yang banyak agar tetap sehat dan bersih.

Selain itu juga, softlens ini juga memiliki UV Blocking sehingga softlens ini tentu aman dan nyaman di pakai saat kita berada di luar ruangan apalagi sinar matahari yang terik.

NA AZUL


Na Azul (Natural Azul), seperti yang telah dijelaskan diatas Na itu memiliki ring pada softlens nya sehingga membuat efek pada mata kita itu lebih besar walaupun memiliki diameter 14,5 (sesuai diameter mata asli).








Softlens ini sangat tipisssssssssssssekaliiii, warnanya juga soft yang mendekati transparan serta ketika aku pakai sering terjadi softlens nya kebalik. Kalau softlens kebalik dipasang pasti tidak akan menempel pada mata kita kan. Karena memang susah banget membedakan warna untuk di luar dan di dalam softlens tersebut.







Ketika di aplikasi kan ke mata, seperti yang aku jelaskan sebelumnya. Memang terasa ... sangat... amat... sepertiiii tidak menggunakan softlens. Tingkat kenyamanannya 11 : 12 sama Silicon Hydrogel.

NU QUARTZO


Nah! si Nu Quartzo ini kebalikan dari si Na Azul. Entah kenapa, pakai varian ini seperti tidak pakai softlens (atau jangan-jangan efek karena aku selalu di dalam ruangan ya) warnanya memang soft, mungkin karena tidak memiliki ring pada softlens kali ya sehingga terlihat biasa aja jika dilihat hanya sekali lewat.






Perbandingan terhadap Na Azul, ini lebih PARAH mendekati transparan! yang ini sering banget hilang sebelah ketika mau melepaskan softlens. Untungnya, selalu ketemu :') dan mencari nya juga butuh 2 senter biar cepet ketemu.






Menurutku, ketika menggunakan softlens varian Nu Quartzo ini efeknya seperti mata asli. Karetan tadi, si Nu tidak memiliki ring pada lensa kontaknya sehingga ketika dilihat seperti memang benar-benar menyatu, gitu ...

Perbandingan (atas) Na Azul, (bawah) Nu Quartzo

Kesimpulan :
X2 Bio Glaze by Exoticon ini sesuai slogannya, ketika aku pakai selama 12 jam "tanpa obat tetes mata" (dimulai 6 pagi - 6 sore) memang tidak menimbulkan kekeringan pada softlens yang dipakai. Terasa kelembaban nya terjaga sepanjang hari dan mata terasa lebih nyaman. Setelah pemakaian 12 jam, tidak menimbulkan kemerahan terhadap mata. Dari ketebalan softlens, menurutku ini sangatlah tipis sekali sehingga harus hati-hati dalam mencuci softlens sebelum dan sesudah menggunakan. Warnanya tidak norak, mengikuti trendi Nowdays lah ya. Tidak mencolok, norak dan sebagainya. Tapi perlu hati-hati, warnanya yang sangat soft bahkan menurutku hampir mendekati transparan ini. Kalau kalian termasuk orang yang "Terledor" (lalai), bisa saja sekejap hilang seketika.

Favorite Rate : 8,5 / 10

Kenapa saya memberikan nilai 8,5 ? Karena softlens ini menurutku untuk supply oxygen nya masih kurang. Setiap mata yang kita miliki pasti kebutuhannya berbeda-beda. Memang awalnya 1 - 3 hari dipakai softlens untuk di review tidak terjadi masalah apapun. Namun, memasuki hari ke-4, mata sedikit agak kering (terasa air mata berkurang). Meminimalkan kekeringan pada lensa kontak bukan berarti pada mata terjaga selalu lembaban nya, untung saja aku selalu  standby obat tetes mata khusus mata kering (bukan khusus softlens).

Recommended : 9 / 10

Sangat aku sarankan untuk kalian yang mau mencoba, ini bukan apa-apa ya. Karena, pemilihan bahan softlens terbaik itu penting untuk mata kita. Ocufilcon A ini termasuk jajaran paling di rekomendasikan.

Bonusnya! selain isi paket dari Exoticon 2 pasang softlens. Aku juga dapat Contact Lens Solutionnya  dengan Provitamin B5.

Gimana? Cakep ga.. softlensnya heheh 😄😁

Overall, kalian tertarik mau mencoba?



Jangan lupa follow Instagram ku ya! klik 👉👉 Febra Muzdalifah

Komentar

Baca yang lain juga, Yuk!

[REVIEW] NEW 6 Shades! Pixy Lip Cream Nude Series

Swatches Lip Cream from Wardah, Team Bold or Team Nude?

[REVIEW] - Purbasari Hi-Matte Lip Cream